Free PageRank Tool

Integrated search engine



Tuesday, July 10, 2007

Sekilas Ganesha Publishing House

Ganesha Publishing adalah perusahaan penerbitan baru yang sedang mencari bibit-bibit penulis. Usaha penerbitan ini didirikan dengan visi menjadi media penyebar inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk dapat bangkit dari keterpurukannya selama ini. Buku-buku yang akan kami terbitkan diharapkan dapat memberikan suatu pencerahan bagi dunia literatur di Indonesia.

Realita Dunia Penerbitan Kita

Selama ini, masyarakat dihadapkan pada kenyataan sulitnya menemukan buku berkualitas dengan harga cukup murah. Hal tersebut jika ditelusuri lebih lanjut, disebabkan oleh orientasi profit dari kalangan penerbitan yang melihat kualitas ilmu pengetahuan hanya sebatas prospek meraup keuntungan semata. Alhasil, kebanyakan karya literatur baru indonesia telah menjadi barang mewah untuk masyarakatnya sendiri.

Memang fenomena ini tidak dapat digeneralisir. Bagaimanapun diluar sana masih banyak pula kalangan penerbit yang memiliki idealisme tersendiri. Mereka mematok harga yang cukup rendah untuk literatur terbitannya. Sayangnya, saat sampai dipasaran harga buku tersebut masih saja tinggi. Jaringan distribusi buku bisa dikatakan masih terkutub pada beberapa pihak saja, yang akhirnya menyebabkan penentuan harga buku disesuaikan dengan kepentingan pihak-pihak tersebut.

Blogging Sebagai Media Alternatif

Selain kalangan penerbitan yang masih memegang idealisme mereka, dikalangan masyarakat pun muncul suatu media alternatif sebagai sarana transfer ide tersebut. Seiring berkembangnya kultur menulis diblog sejak akhir dekade ’90-an kemudian muncul pula penulis-penulis handal indonesia yang dengan sukarela membagi-bagikan tulisannya melalui media blog ini.

Akhirnya, kini selain sebagai trend semata aktivitas blogging menjadi sarana yang cukup efektif dalam suatu proses transfer gagasan. Tidak ada proses filtering dan hal yang ditutup-tutupi. Fakta cenderung dibicarakan secara blak-blakan dan bebas dikomentari dari berbagai sudut pandang, kontras dengan jurnalisme ala media massa yang sarat muatan kepentingan golongan tertentu saja.

Penyediaan sarana-prasarana umum untuk koleksi literatur bacaan juga dapat menjadi alternatif lainnya. Perpustakaan komunitas di daerah pemukiman dapat menjadi salah satu wujud nyatanya. Terutama untuk daerah rawan kemiskinan, cara ini lebih efektif dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan di wilayah tersebut. Dengan dipermudahnya akses bahan bacaan bagi semua lapisan masyarakat diharapkan taraf intelektualitas dari masyarakat dapat ditingkatkan, yang akhirnya mempercepat proses kebangkitan negeri ini dari krisis berkepanjangan.

Positioning GPH

Ganesha Publishing House hadir dari keprihatinan terhadap dunia penerbitan tersebut. Gagasan yang muncul dari pendirian usaha ini adalah mendistribusikan sumber kekayaan intelektual indonesia secara proporsional kepada seluruh kalangan, tanpa melihat status ekonominya. Bagi mereka yang memiliki kemampuan ekonomi lebih baik (menengah-atas) diharapkan dapat mengakses buku sesuai harga yang beredar dipasaran. Namun bagi kalangan ekonomi rendah, harga buku diusakan dapat ditekan serendah mungkin agar dapat mereka akses.

Sebagai langkah awal, ide tersebut kami wujudkan dengan meluncurkan program “Inspiring Blog Competition”. Inspiring Blog Competition 2007 adalah suatu program penjaringan potensi menulis dikalangan blogger Indonesia yang tulisannya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat.Kompetisi ini diadakan oleh Ganesha Publishing House, Ganesha Forum for Indonesia dan Innova Bookshop.

Artikel-artikel pilihan dari berbagai blog yang diharapkan dapat mencerahkan banyak orang nantinya akan dibukukan. Program ini sekaligus merangsang tumbuhnya blogger-blogger baru yang menghasilkan tulisan berkualitas. Selain itu IBC 2007 memiliki misi sosial, dimana 50% keuntungan penjualan buku akan disumbangkan dalam program pengadaan buku bacaan bagi siswa sekolah.

Program-program lain yang segera akan dirilis antara lain:

  1. Penerbitan Karya Blogger Indonesia Terpilih

GPH membuka kesempatan bagi blogger yang memiliki banyak karya berkualitas untuk diterbitkan. Karya penulisan para blogger di seleksi untuk selanjutnya dipilih sesuai kualifikasi dan tema tertentu.

  1. Biografi Tokoh Pengajar ITB (direncanakan Prof. Ida Gede Raka)

GPH menerbitkan suatu biografi tokoh yang dianggap dapat memberi inspirasi/menggugah banyak orang.

  1. Untai Aksara (Kumpulan Artikel Terpilih Buletin Jum’at Masjid Salman ITB)

Salah satu target tulisan yang isinya cukup beragam dari segi tema dan inspiratif adalah koleksi artikel buletin jum’at masjid Salman. Ditulis oleh para penulis muda di unit kegiatan AKSARA.

  1. Tulisan bertema Kemahasiswaan

Mau tau update blog ini via email? Masukin email Kmu disini: Delivered by FeedBurner


Ada Yang mau donasi utk ngedanain Penerbitan Novel saya?

Nama : Ardian Perdana Putra

Alamat : Jl. Pelesiran 5/58, belakang fotokopian, bandung wetan 40116.

Kontak : delcardino@yahoo.com, 085624878208/022-2516823.

No. Rekening : 0028399309 BNI cabang ITB.


No comments: